Sistem Keamanan Penting Di Bus

By | July 27, 2020
Spread the love

Berbicara mengenai perbandingan antara bus zaman dulu dan sekarang tentunya jauh berbeda terutama dalam hal teknologi yang digunakan. Bus sekarang dalam hal teknologi tentunya jauh lebih maju karena memang mengalami berbagai transformasi yang terbilang cukup jauh.

Bus Sudah Mengalami Banyak Kemajuan Teknologi

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan bukti bahwa teknologi bus saat ini lebih maju bisa kalian lihat dalam beragam aspek seperti navigasi dan juga kendali. Bahkan saat ini sudah ada bus otonom yang berhasil mengombinasikan fitur berupa mobile broadband.

Tidak hanya itu saja bahkan dalam hal kenyamanan juga kalian temukan beragam jenis bus yang mampu menunjang kenyamanan kalian terutama dalam perjalanan jarak jauh. Berbagai macam bus tersebut seperti bus jenis high deck hingga sleeper bus yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Aspek Keamanan Di Dalam Bus

Banyak dari kalian tentunya akan memberikan asumsi tentu saja kenyamanan itu baik namun jika keamanannya tidak terjamin maka kalian sebagai penumpang akan merasa resah. Sejatinya kalian tidak perlu khawatir karena bus saat ini juga sudah memiliki teknologi dalam aspek keamanan. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Antilock Brake System / ABS

Teknologi keselamatan yang saat ini sudah ada di bus yaitu ABS. Sistem yang satu ini biasa digunakan pada sistem pengereman. Sehingga ketika bus mengalami pengereman secara mendadak akan mencegah yang namanya penguncian roda sehingga hal tersebut akan membuat kendaraan menjadi lebih aman.

  • Electronic Braking System / EBS

Sistem yang sudah disebutkan diatas tentunya agar menjadi lebih aman lagi sudah dikombinasikan dengan yang namanya EBS. Fungsi dari sistem yang satu ini yaitu untuk mengontrol tekanan yang nantinya akan dilakukan pendistribusian ke roda tergantung baik itu kondisi jalan, muatan, kecepatan dan lainnya.

Salah satu keunggulan dari sistem yang satu ini adalah dalam hal kemampuannya untuk merespons secara cepat jika terjadi pengereman secara mendadak. Cara kerjanya yaitu mampu menghemat penggunaan bahan bakar dengan cara meneruskan tekanan pada pedal rem yang dilakukan secara elektronik sehingga membantu tarikan rem tersebut.

  • Electronic Stability Control / ESC

Sistem ini biasa dikenal juga dengan istilah ESC yang mana berguna untuk meningkatkan stabilitas. Sehingga cara kerjanya yaitu untuk mendeteksi jika control kemudi hilang, jadi sistem ini akan bekerja secara otomatis yang nantinya membantu mengarahkan kendaraan jika situasi seperti lepas kendali sedang dihadapi.

Jadi sistemnya yaitu ketika terdeteksi kondisi semacam itu maka akan dijalankan pengereman secara otomatis pada setiap roda yang ada. Bahkan sudah ada beberapa dari sistem ini yang mampu mengurangi tenaga mesin ketika ditemukan kondisi lepas kendali, namun jika kondisi sudah mulai stabil maka tenaga mesin akan kembali lagi seperti semula.

  • Adaptive Cruise Control / ACC

Salah satu hal yang sering menyebabkan kecelakaan yaitu karena ketidak mampuan bus dalam mengontrol kecepatan pada saat posisinya sudah dekat dengan kendaraan lain. Akan tetapi dengan teknologi yang satu ini hal tersebut bisa dihindari.

Cara kerja dari sistem ini memang untuk mengatur kecepatan bus secara otomatis jika memang posisinya sudah terlalu dekat dengan kendaraan lain di depannya. Sehingga tidak jarang teknologi yang sangat membantu ini diperkirakan akan menjadi teknologi kendaraan masa depan.

Jadi itulah sedikit gambaran mengenai sistem keamanan yang ada di dalam bus. Tentunya sistem tersebut tidak dibuat secara asal-asalan karena sudah berlaku di Indonesia dan internasional. Semuanya dibuat sesuai dengan aturan dan juga standar yang ada. Sehingga bisa disimpulkan dalam hal teknologi keselamatan bus saat ini sudah mengalami kemajuan.